SERGAI DITUNJUK TUAN RUMAH BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT TINGKAT NASIONAL 2007

Tingkatkan Gotong Royong

Sementara itu Wabup Sergai H. Soekirman mengajak setiap warga untuk meningkatkan pola Berpikir Bersama Untuk Berbuat Bersama (BBUBB) dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi. “Untuk itu dihimbau kepada Kades, Kadus mengadakan pendekatan secara kekeluargaan terutama bagi masyarakat yang kurang peduli terhadap budaya gotong royong, “kata Wabup dalam kunjungannya meninjau pelaksanaan gotong royong Jumat bersih di Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah, akhir Mei lalu. Menurutnya sebaiknya masalah yang ada disampaikan dari bawah, Kadus ke Kades, Kades ke Camat dan dari Camat ke Kabupaten. Dalam kunjungan yang diikuti sejumlah pejabat Sergai antara lain Kadis Kesehatan dr. H. Edwin Effendi MSc dan Kabag Humasy  Drs. Rachmad Karo-karo melihat kegiatan gotong royong yang dilakukan ribuan warga serta 116 mahasiswa Politeknik Kesehatan yang sedang melaksanakan PKL di Kecamatan Sei Rampah. Gotong royong yang dipusatkan di 5 dusun ini juga tampak turut berpartisipasi sejumlah pegawai Bank Sumut Cabang Pembantu Sei Rampah, para karyawan PT Socfindo Kebun Simpang Mata Pao. Kegiatan gotong royong yang dilaksanakan sebulan sekali ini dilaksanakan secara massal yang berpindah-pindah dari satu desa ke desa lainnya yang ada di Sergai dan setiap minggunya juga dilaksanakan di masing-masing desa. Dalam kesempatan itu Wabup juga menyerap informasi dari perangkat pemerintahan desa untuk menampung masalah-masalah yang dihadapi. Beberapa masalah yang muncul antara lain adalah kondisi jembatan yang menghubungkan Desa Sei Rejo dengan Desa Pekan Sei Rampah yang sudah mengkhawatirkan sehingga perlu mendapatkan perbaikan. Jembatan ini dibangun secara swadaya oleh masyarakat Dusun I dan kini butuh perbaikan. Sementara warga Dusun IV mengeluhkan masalah infrastruktur jalan yang cukup vital bagi warga untuk mengangkut hasil bumi, khususnya padi. Kondisi jalan didusun tersebut kini perlu ditingkatkan.

 

Jembatan dan Pintu Air

Selanjutnya Wabup meninjau jembatan dan pintu air bantuan perkebunan PT Socfindo yang ada di Desa Sei Rejo. Wabup H. Soekirman dalam peninjauan ini meminta kepada warga untuk mensyukuri dan menjaga jembatan dan pintu air tersebut. Sebab bantuan itu adalah untuk kepentingan rakyat khususnya petani. “Ini merupakan salah satu manfaat bagi warga di dusun ini,” tandas Wabup. Camat Sei Rampah Drs. Nasrul Aziz kepada Bulletin Sergai mengatakan bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian dari PT. Socfindo. Pada umumnya warga desa ini masih memanfaatkan air dari parit perkebunan PT Socfindo untuk mengairi persawahan mereka pada musim tanam. “Karena itulah perusahaan ini membantu warga untuk mendapatkan air,” kata Nasrul Aziz. Bantuan ini tidak lepas dengan program yang dicanangkan Pemkab Sergai yakni “Gerbang Swara”. Program yang  mendorong partisipiasi masyarakat dalam membangun desanya masing-masing ini ternyata mendapat tanggapan positif bukan saja dari warga tetapi juga dari perusahaan-perusahaan yang berada di Sergai. Dalam program yang mengutamakan swadaya masyarakat dalam membangun ini mensinergiskan peran masyarakat pengusaha dan pemerintah. Manager PT Socfindo Kebun Mata Pao Ir. Mahfud mengatakan sumbangan jembatan dan pintu air yang dibangun pada April 2007 itu adalah bentuk partisipasi perusahaan perkebunan ini kepada masyarakat. “Sebab selama ini masyarakat sekitar hanya mendapatkan air dari parit perkebunan untuk mengairi persawahan mereka,” aku Mahfud. Sumbangan ini juga merupakan bentuk dukungan kepada Pemkab Sergai yang mencanangkan program “Gerbang Swara” sebagai salah satu cara membangun desa dengan swadaya masyarakat.



Bookmark and Share
copyright © 2012 WEBSITE BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI V.02, hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. Negara No. 300, Sei Rampah, Sumatera Utara 20695, Indonesia. Telp. +62 621 41009, Fax. +62 621 441960
e-mail: [email protected]