REALISASI KEGIATAN KEUANGAN BAPPEDA

info lengkap realisasi

99.99% terealisasi

Studi Banding Bappeda Kab. Simalungun tentang Penyusunan Dokumen Perubahan RPJMD

Diposting pada: 12/08/2019
No Picture


Sei Rampah, 7 Agustus 2019

Bappeda Kabupaten Serdang Bedagai

Rabu, 7 Agustus 2019, Bappeda Serdang Bedagai kedatangan tamu dari Bappeda Kabupaten Simalungun dalam rangka studi banding penyusunan perubahan RPJMD.

Tamu Bappeda Kabupaten Simalungun disambut oleh Kepala Bappeda Serdang Bedagai yang diwakili oleh Bapak Takdir Manurung (Sekretaris Bappeda), Bapak Dedi Idris Harahap (Kabid Ekonomi Bappeda) dan Budi Damanik (Kabid Litbang Bappeda).

Sedangkan Bappeda Kabupaten Simalungun sebanyak 3 orang yang dipimpin oleh Sekretaris Bappeda beserta Kabid. Sosial dan Kasubbid.

Pada kesempatan tersebut Kabid. Ekonomi Bappeda (Dedi Idris Harahap) menjelaskan Tahapan-Tahapan penyusunan Perubahan RPJMD Kab. Serdang Bedagai Tahun 2016-2021.  Kab. Serdang Bedagai dalam menyusun dokumen perubahan RPJMD 2016-2021 sesuai dengan amanat dalam UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH SEBAGAIMANA TELAH DIUBAH BEBERAPA KALI DAN TERAKHIR DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2015 TENTANG PERUBAHAN KEDUA ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014, PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 18 TAHUN 2016 TENTANG PERANGKAT DAERAH dan PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 86 TAHUN 2017 TENTANG TATA CARA PERENCANAAN, PENGENDALIAN DAN EVALUASI PEMBANGUNAN DAERAH, TATA CARA EVALUASI RAPERDA RPJPD DAN RPJMD, SERTA TATA CARA PERUBAHAN RPJPD, RPJMD DAN RKPD.

Selain itu Kabid. Ekonomi juga menjelaskan tentang penyusunan KLHS P-RPJMD 2016-2021 dan tahapan-tahapan praktis dalam penyusunan P-RPJMD.

Kabid Litbang dalam kesempatan tersebut menjelaskan tentang tatacara evaluasi RPJMD dan sebelum dilakukan perubahan terlebih dahulu dilakukan evaluasi terhadap RPJMD yang sudah ditetapkan melalui Perda Nomor 1 Tahun 2016.

Bappeda Kab. Simalungun yang diwakili oleh Sekretaris menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan ke Bappeda Serdang Bedagai yaitu dalam rangka studi banding tentang penyusunan dokumen Perubahan RPJMD. Saat ini Kab Simalungun akan melakukan perubahan RPJMD untuk disesuaikan dengan peraturan dan perundangan yang ada dalam rangka untuk meningkatkan nilai SAKIP Kab. Simalungun. Beliau menjelaskan bahwa Kabupaten Serdang Bedagai memiliki nilai SAKIP terbaik di Provinsi Sumatera Utara sehingga akan dapat dijadikan acuan untuk penyusunan perubahan RPJMD Kabupaten Simalungun. Beliau mengucapkan terima kasih atas penerimaan dan bantuan yang diberikan.