REALISASI KEGIATAN KEUANGAN BAPPEDA

info lengkap realisasi

99.99% terealisasi

SEMINAR PEMBANGUNAN UNTUK PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA PERENCANA

Diposting pada: 13/11/2019
No Picture


BAPPEDA, Kuala Namu (1 – 2 Nopember 2019)

Untuk meningkatkan kemampuan perencana di seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Serdang Bedagai agar tercipta Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah selaras dengan pencapaian Visi dan Misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Serdang Bedagai 2016-2021, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Serdang Bedagai bersama dengan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kota Bandung, menyelenggarakan Seminar Pembangunan untuk Peningkatan Sumber Daya Manusia Perencana, bertempat di Prime Plaza Hotel Kualanamu.

Yudi Mulyana, menyampaikan dalam menjawab permasalahan yang terjadi terkait sinkronisasi Visi dan Misi di RPJMD, dalam pelaksanaan nya saat ini digunakan metode analisis logic model.  “Logic Model ini saya pilih untuk dikenalkan karena kemudahan dan kesederhanaannya. Ini semacam framework yang bisa diaplikasikan untuk memahami outcome yang penting untuk penganggaran kinerja. Orientasi hasil itu penting dimana kita punya masalah saat ini dengan orientasi hasil bahwa antara input, output dan outcome itu masih belum nyambung dan itu terjadi di kementerian dan lembaga. Dalam hal ini Bupati Serdang Bedang Bedagai juga menyampaikan dalam seminar tersebut dalam penyusunan perencanaan harus melibatkan semua level dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan mutu perencanaan harus ditingkatkan dimana salah satunya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Perencanaan dalam rangka meningkatkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), diminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendukung pencapaian nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Serdang Bedagai adalah BB dan kerjakan apa yang direncanakan, jangan mengerjakan yang tidak direncanakan.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kasubbag program dari semua Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai yang terdiri dari 47 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam hal ini diharapkan kedepannya melalui seminar Pembangunan Peningkatan Sumber Daya Manusia ini seluruh kegiatan yang ada di seluruh Organisasi Perangkat Daerah dapat sinkron terhadap Visi dan Misi Kabupaten Serdang Bedagai dan tercapainya nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Serdang Bedagai yang saat ini B menjadi BB. (Lg)