REALISASI KEGIATAN KEUANGAN BAPPEDA

info lengkap realisasi

99.99% terealisasi

Rapat Persiapan Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2021.

Diposting pada: 18/11/2019
No Picture


Sesuai dengan amanat Undang- undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, tata cara Evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD, proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah  Daerah  (RKPD) dimulai dengan penyusunan rancangan awal RKPD.Rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2021 merupakan RKPD tahun terakhir pada periode RPJMD Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2016-2021.Oleh karena itu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar rapat Persiapan Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2021 di Aula Bappeda, Jumat (15/11/2019).

Saat membuka acara, Sekda Kabupaten Serdang Bedagai H.M Faisal Hasrimy, AP.M.AP menyampaikan dalam pengerjaan rancangan awal RKPD 2021 harus menjelaskan tentang yang terkait dengan sasaran RPJMD. Dalam hal ini Sekda menjelaskan apa yang harus dikerjakan oleh setiap perangkat daerah untuk rancangan awal yang harus dilakukan dalam mendukung tersusunnya Ranwal RKPD 2021. Sekda juga menghimbau untuk setiap perangkat daerah bekerja sama dari awal serta berkomitmen dan serius dalam bekerja untuk penyusunan ranwal RKPD 2021, memberikan setiap pokok-pokok pikiran yang dapat dilakukan dalam setiap pengerjaan Ranwal Renja di setiaap OPD agar setiap pelaksanaan Ranwal Renja dapat terintegrasi dengan baik. Pembuatan Ranwal Renja di setiap OPD juga harus berorientasi pada Visi dan Misi Bupati dan setiap dana yang dianggarkan harus bermanfaat dan dapat dirasakan langsung dampak penggunaannya. Pencapain Visi dan Misi Kepala Daerah harus fokus, tidak lagi berprioritas kepada Output saja tetapi Outcome.

Pada kesempatan ini Kepala Bappeda memaparkan usulan tema pada RKPD 2021 yaitu, tentang Evaluasi 21 peraihan dari tahun 2018 sampai tahun 2021. Dari hasil evaluasi 21 peraihan tersebut Bappeda membuat usulan tema tahun 2021 yang belumdi capai di tahun 2020 dan akan dicapai di tahun 2021. Temanya yaitu Pertama,Pemantapan sinergitas Pembangunan Kabupaten Serdang Bedagai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan; Kedua,Pemantapan Sinergitas Pertanian dan Pariwisata mendukung Perekonomian dalam mewujudkan SDM yang unggul; Ketiga, Akselerasi Pengentasan kemiskinan melalui Pembangunan Pertanian dan Pariwisata;Keempat, Pemantapan Sektor Pertanian dan Pariwisata dalam mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan peningkatan SDM yang Unggul dan Berdaya saing.

Tema yang telah disetujui oleh pimpinan akan diberikan kepada OPD supaya setiap OPD membuat Ranwal Renja sesuai dengan tema yang disampaikan. Kepala Bappeda juga menjelaskan Perkiraan Pendapatan Daerah tahun 2020 dana sumsi pendapatan di Tahun2021, yang akan mendukung pelaksanakan Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Serdang Bedagai agar terjadi secara efisien dan efektif. Prioritas Pembangunan tahun 2021 akan diarahkan kepada pemantapan sector Pertanian dan Pariwisata untuk Pertumbuhan Ekonomi yang berkualitas dan berakar serta mengentaskan Kemiskinan; pemantapan kualitas hidup masyarakat dalam mewujudkan SDM yang Unggul dan Berdaya saing, pemantapan tata kelola pemerintahan dan upaya mewujudkan pemerintahan yang berorientasi hasil. Prioritas ini akan mendukung setiap penyusunan Ranwal Renja yang akan disusun oleh setiap OPD.

Penyusunan RKPD Tahun 2021 sebagai salah satu implementasi komponen perencanaan kinerja dalam Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP), agar memperhatikan rekomendasi evaluasi internal yang dilakukan. Sehingga terjadi kesinambungan dan keselarasan pada tiap komponen SAKIP. Hasil penyelarasan (cascading) yang dilakukan pada waktu monitoring SAKIP hendaknya dapat dijadikan acuan pada saat perangkat daerah menyusun rencana kerja tahun 2021. Dalam rapat ini Sekda juga berpesan agar kegiatan rapat ini dapat langsung diterapkan dalam penyusunan Ranwal RKPD dan memberikan semua kemampuan perangkat daerah dalam penyusunan Renja OPD dengan pemberian yang terbaik dan terindah.Semoga melalui pelaksanaan kegiatan ini, dapat diwujudkan dokumen perencanaan yang terukur, akuntabel dan berorientasi hasil (result oriented).