REALISASI KEGIATAN KEUANGAN BAPPEDA

info lengkap realisasi

99.99% terealisasi

Seminar Pembangunan Ekonomi ”Peluang dan Tantangan Perekonomian Tabungan Kabupaten Serdang Bedagai Pasca Pembangunan JalanTol Medan-Kuala Namu- Tebing Tinggi”

Diposting pada: 05/12/2019
No Picture


Pantai Cermin,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar acara Seminar Pembangunan ekonomi dengan Tema Peluang dan Tantangan Perekonomian Kabupaten Serdang Bedagai Pasca Pembangunan Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi (MKTT) di lokasi Theme Park Kec. Pantai Cermin, Selasa (3/12/2019). Dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Kepala Bappeda Ibu Ir. Hj. Prihatinah, M.Si disebutkan bahwa pembangunan Jalan Tol MKTT telah memberikan dampak yang positif maupun negatif terhadap perkembangan perekonomian di Kabupaten Serdang Bedagai.

Acara ini dibuka oleh Bupati Serdang Bedagai yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai Bapak H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP. Dalam arahan dan bimbingannya, Bupati menyampaikan bahwa latar belakang pelaksanaan Seminar ini adalah adanya beberapa damapak yang terjadi pada Perekonomian Kabupaten Serdang Bedagai Pasca Pembangunan Jalan Tol MKTT, baik itu positif maupun negatif.

Sehingga melalui Seminar ini, Bupati berharap diperoleh strategi maupun solusi dalam mengantisipasi dampak-dampak tersebut. Melalui acara ini juga Bupati berharap terjadi sinergitas dan kolaborasi yang baik antar pemangku kepentingan di Kabupaten Serdang Bedagai dan antara Kabupaten Serdang Bedagai dengan Kabupaten/Kota tetangga.

Seminar Pembangunan Ekonomi ini dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan yang ada, baik di Kabupaten Serdang Bedagai maupun daerah tetangga. Adapun peserta yang hadir antara lain, Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Serdang Bedagai dalam hal ini diwakili oleh Bapak Siswanto, Asisten Perekonomian, Sosial dan Budaya Setdakab, Para pimpinan Perangkat Daerah, Para Camat, Pelaku Usaha, Pimpinan Lembaga Keuangan serta dari daerah tetangga hadir Kepala Bappeda Kota Tebing Tinggi, Kepala Bappeda Kabupaten Batu Bara dan Bappeda Deli Serdang.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serdang Bedagai selaku penyelenggara kegiatan ini mengundang beberapa narasumber, antara lain Bapak Fahrul Syah Mega dari Kaukus Kemitraan Indonesia untuk Pencapaian Kesejahteraan (KKIPK) Jakarta, Ir. Yusak Maryunianta, M.Si dari Universitas Sumatera Utara (USU) Medan dan pelaku usaha di Kabupaten Serdang Bedagai yaitu Dodol Sejahtera dan Zack Krezz.

Dalam paparannya, para narasumber sepakat bahwa Kabupaten Serdang Bedagai harus dapat memanfaatkan Jalan Tol MKTT sebagai kekuatan baru dalam mewujudkan Serdang Bedagai sebagai Sentra Ekonomi Baru Sumatera Utara.

Para pelaku usaha juga tetap bersemangat dalam menjalankan usahanya walaupun saat ini terjadi penurunan omset Pasca Pembangunan Jalan Tol MKTT. Para pelaku usaha berharap ada dukungan Pemerintah dalam melakukan inovasi-inovasi.

Setelah pemaparan, dilakukan diskusi antara narasumber dan peserta yang hadir dengan dimoderatori oleh Asisten Perekonomian, Sosial dan Budaya Bapak Ir. H. Kaharuddin, MM.

Pada akhir acara diambil beberapa kesimpulan, antara lain akan ditingkatkan kolaborasi dan sinergitas antara Kabupaten Serdang Bedagai dengan Kabupaten/Kota tetangga, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai akan mendukung produk-produk UKM dengan lebih menggalakkan Program Pro-Papa (Pakai dan Pasarkan), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai akan menindaklanjuti usulan Pelaku Usaha dalam upaya revitalisasi Kawasan Pasar Bengkel agar berjaya kembali.

Acara kembali ditutup oleh Bapak Sekretaris Daerah dan diakhiri dengan kunjungan ke beberapa Stand UKM.