REALISASI KEGIATAN KEUANGAN BAPPEDA

info lengkap realisasi

99.99% terealisasi

Rapat Pembahasan Pemetaan Akreditasi SD Kabupaten Serdang Bedagai

Diposting pada: 21/03/2020
No Picture


Aula Bappeda, Jumat, 20 Maret 2020

Rapat dihadiri oleh Bappeda yang diwakili oleh Kepala Bidang Sosial Budaya, Kasubbid SDM, Tenaga Kerja dan Pendidikan, Kasubbid Kesehatan, Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Kasubbid Pemerintahan dan Pelayanan Publik dan dari Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Kordinator Wilayah, Kordinator Pengawas, Pengawas Sekolah dan Kepala Seksi Kurikulum Kab. Serdang Bedagai.

Rapat dibuka oleh Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Serdang Bedagai sekaligus memberikan kata sambutan, dalam arahannya menyampaikan bahwa akan diadakan Pemetaan Akreditasi Sekolah Dasar di Kab. Serdang Bedagai untuk pencapaian target pemetaan diharapkan kesediaan dan kerjasama dari Dinas Pendidikan, Kordinator Pengawas, Kordinator Wilayah, dan Seluruh Kepala Sekolah SD serta Dinas Terkait di Kab. Serdang Bedagai. Kemudian dilanjutkan oleh paparan dari Kasubbid SDM, Tenaga Kerja, dan Pendidikan Bappeda Kab. Serdang Bedagai mengenai gambaran penilaian Akreditasi Sekolah Menengah Pertama, dimana terdapat 2 unsur standar yang sangat mendukung yaitu : Pendidik/Tenaga Pendidikan dan Sarana & Prasarana. Untuk itu diharapkan agar APBD dapat menopang kedua standar yang menjadi penilaian prioritas ini. Selain itu sumber dana lain yang dapat dimanfaatkan adalah DAK, APBDes, dan CSR.Selain itu dijelaskan juga dalam 21 Peraihan salah satu target yang harus dipenuhi adalah tercapainya akreditasi Sekolah Dasar sebesar 15%.

Dalam paparannya Kordinator Pengawas menjelaskan bahwa rapat ini menjadi fasilitator dalam mencapai percepatan 21 peraihan Kab. Serdang Bedagai.Target akreditasi A sebanyak 15% dan sampai saat ini masih 31 sekolah dari jumlah keseluruhan sekitar 473 SD Negeri dan yang akan menjadi target pemetaan ini adalah sekolah yang masa akreditasinya akan kadaluarsa.

Dilanjutkan oleh Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Kab. Serdang Bedagai menjelaskan bahwa kendala terbesar yang dihadapi pada saat mencapai akreditasi adalah :

  1. Sarana dan Prasarana (tidak tersedia/ terkelolanya ruangan dan alat pendukung dengan baik, misalnya laboratorium, ruang UKS, dsb);
  2. Pendidik dan Tenaga Pendidik (terbatasnya tenaga pendidik yang berstatus PNS dan minimnya tenaga pendidik yang bersertifikat khusus.

Dalam pembahasan pemetaan Akreditasi Sekolah Dasar Kab. Serdang Bedagai terdapat revisi penilaian grade akreditasi, dimana unsur pendukung prioritasnya adalah Pendidik/Tenaga Pendidikan dan Sarana & Prasarana yang mana untuk memenuhi standar ini diperlukan dana yang cukup besar, sehingga diharapkan dukungan APBD, DAK, APBDes dan dana CSR dalam menopang kedua unsur standar ini dapat tercapai. Selain itu dalam pemetaan Akreditasi Sekolah Dasar Kab. Serdang Bedagai harus memiliki kriteria berikut :

  1. Sekolah Dasar Negeri yang telah mendapat DAK 2018/2019;
  2. Sekolah Dasar Negeri yang masa akreditasinya akan kadaluarsa;
  3. Komitmen dari pihak sekolah dalam mencapai terget akreditasi A.