single-event-img-1

RAPAT KOORDINASI PEMBINAAN DAN PEMANFAATAN DATA & INFORMASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH


Hotel Le Polonia, Medan, 26 November 2021

Kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah yang difasilitasi oleh Bappeda Provsu mengundang Bappeda dan Dinas Kominfo se-Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara serta menghadirkan 3 narasumber, yaitu Dra. Nurhayati Siahaan dari Dinas Kominfo Provsu, Deltha Airuszh Lubis. S. ST dari BPS Sumut dan Aegina S. Surbakti selaku Ekonom Senior dari Kpw Bank Indonesia Sumut.

Rapat ini dibuka oleh Pahala Panjaitan. ST, MT yang juga sekaligus sebagai moderator, rapat dimulai dengan paparan dari Dra. Nurhayati dari Kominfo Sumut memaparkan kegiatan statistik sektoral meliputi melakukan pengembangan dari kegiatan statistik dasar dan melakukan penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral (baru) serta mekanisme kerja statistik di daerah. kemudian disusul paparan dari perwakilan BPS Sumut, Deltha Airuszh memaparkan kedudukan BPS sebagai Pembina dalam kegiatan statistik sektoral, tugasnya melakukan pembinaan untuk meningkatkan kontribusi dan apresiasi masyarakat terhadap statistik (pasal 31 UU 16/1997, melakukan pembinaan serta kerjasama dengan instansi pemerintah, perguruan tinggi, lembaga swasta dan atau unsur masyarakat lainnya (pasal 58 PP 51/1999) dan pembinaan penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi, dilaksanakan oleh Menteri teknis/kepala lembaga pemerintah non kementeriaan untuk pembinaan teknis (pasal 3 PP 12/2017) serta peran data dalam perencanaan pembangunan. sebagai penutup yaitu paparan dari Kpw Bank Indonesia Sumut, Aegina S. Surbakti memaparkan lebih ke sisi makro ekonomi dan sosial di wilayah Sumatera Utara, meliputi sinergi dalam menjaga stabilitas dan memperkuat pemulihan ekonomi yang dilakukan dengan 2 cara Trade Channel dan Financial Channel, kemudian dia juga memaparkan bahwa perekonomian khususnya untuk wilayah Sumatera Utara akan membaik seiringnya menurunnya kasus Covid-19 yang disebabkan kebijakan Vaksinasi yang terus meningkat, kemudian upaya Provsu yang melakukan promosi investasi melalui North Sumatera Invest yang membangkitkan optimisme dikalangan para investor, serta menjelaskan realisasi investasi di Sumatera Utara sampai pada triwulan III adalah USD. 157, 82 juta (PMA) dan 4.603, 26 Milliar (PMDN).

acara ini berjalan lancar dan para peserta rapat sangat antusias, dibuktikan ketika sesi tanya jawab, beberapa peserta mengajukan pertanyaan kepada 3 narasumber , dan akhirnya acara ditutup langsung oleh Kepala Bappeda Sumut, Bapak Dr. Ir. Hasmirizal Lubis, M. Si