blog-img-10

Posted by : Administrator

Ikuti Presentasi dan Sesi Wawancara, Kabupaten Serdang Bedagai Menuju 3 Besar dalam Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2022 se- Sumatera Utara

Medan, Kamis 10 Februari 2022

Setelah masuk 5 besar Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara (Sumut) dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali berkompetisi di tahap kedua ini untuk menuju di tiga besar. Pada proses penilaian tahap II ini akan ada sesi presentasi dan sesi wawancara yang dijadwalkan pada hari ini hingga esok hari, dan sesuai jadwal Kabupaten Serdang Bedagai mendapat giliran pertama pada Pukul 08.00 – 09.40 WIB, dalam sesi tersebut terdapat 2 tim penilai, yaitu : Tim Penilai Utama (TPU) yang terdiri dari Ahmad Syafei, SE dari BPKAD Provinsi Sumatera Utara dan H. Rahmad S. Harahap dari Inspektorat Provinsi Sumatera Utara, sedangkan untuk Tim Penilai Independen, terdiri dari : Paidi Hidayat, SE. M. Si, Dr. Agus Purwoko, S. Hut, M. Si dan Prof. Dr. Badaruddin, M. Si selaku akademisi dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Tim yang berangkat di pimpin langsung oleh Bapak H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai dan tim dari Bappeda Kabupaten Serdang Bedagai, acara dimulai dengan pembukaan dari Bappeda Provinsi Sumatera Utara, dilanjutkan dengan Video Profil Kabupaten Serdang Bedagai kemudian diikuti dengan paparan yang dibacakan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Serdang Bedagai, Ibu Rusmiani, SP, M. Si, dalam paparannya Kepala Bappeda menyampaikan terdapat 4 aspek yang dijelaskan sesuai dengan format yang dikirimkan oleh Bappeda Provsu, yaitu : Aspek Pencapaian Kabupaten, Proses Penyusunan Dokumen, Kualitas Dokumen serta Inovasi Daerah.

Setelah paparan selesai, moderator memberikan waktu untuk sesi tanya jawab, baik TPU dan TPI mengajukan beberapa pertanyaan terkait paparan yang dibacakan tadi, setiap pertanyaan dari Tim Penilai mampu dijawab dengan baik oleh tim dari Bappeda Kabupaten Serdang Bedagai, dibarengi sesekali dikuatkan dengan statement dari Bapak Sekda. Sesi tanya jawab ini diberikan waktu +- 60 menit.

“Sebenarnya selain Grebek Dahsyat, ada satu lagi program andalan Sergai yang mendukung program pembangunan Provinsi Sumatera Utara, dari ketahanan pangan yaitu Peternakan Sapi, Kabupaten Sergai sendiri telah menyewa 3 (tiga) kandang milik PTPN III yang selama ini tidak terpakai, dalam 1 kandang dapat menampung 2.000 ekor sapi,” ungkap Sekda meyakinkan para Penilai.

Dalam closing Statements, Sekda juga berharap kepada Provinsi Sumatera Utara agar memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Serdang Bedagai dan beliau meyakini Sergai dapat memberi warna untuk membawa Sumatera Utara bermartabat yang diikuti dengan tepuk tangan dari seluruh peserta acara tersebut.

Sesi penilaian tahap II pun usai, dan ditutup oleh moderator, sebelumnya pihak Bappeda Provinsi menuturkan bahwa bagi Kabupaten/Kota yang berhasil masuk ke 3 (tiga) besar akan mengikuti tahap 3 yaitu sesi validasi, Tim Penilai dan Bappeda Provinsi Sumatera Utara akan turun langsung kelapangan.

Sebelum Sekda meninggalkan tim, beliau sempat berpesan “ Mudah-mudahan Sergai menjadi yang terbaik. Terima kasih juga kepada seluruh tim. Bersama kita kuat untuk Sergei yang Maju Terus,”